Kamis, 30 Desember 2010

Percepat PENYEMBUHAN LUKA dengan GETAH PISANG

Ini copas dari link berikut:

http://id.shvoong.com/medicine-and-health/alternative-medicine/2093026-percepat-penyembuhan-luka-dengan-getah/

Kecenderungan sering terjadinya komplikasi berbagai jenis penyakit akibat luka termasuk bekas cabut gigi, ternyata tidak membuat leluhur kita kekurangan akal untuk menangkalnya. Mereka sudah mengenal berbagai cara untuk mempercepat proses penyembuhan, antara lain dengan menggunakan: getah pohon kamboja, getah ubi kentang, getah pepaya, getah daun jambu serta getah pelepah pisang. Caranya dengan mengoleskan getah tersebut pada luka yang masih mengeluarkan darah.

Dalam perkembangannya, cara-cara di atas dibenarkan dunia kedokteran (medis). Getah pisang, mengandung bahan organik semacam perekat yang disebut gum dan mineral Kalsium yang cukup banyak. Bahan-bahan tersebut yang mempercepat proses penutupan serabut kolagen.

Sedang hasil penelitian FK UGM, getah pisang bersifat hemostiptik sehingga mempercepat penghentian perdarahan,luka cepat kering bahkan tidak menimbulkan bekas pembengkakan.

Dalam waktu relatif lebih cepat pada bekas luka akan terjadi kolagenasi yaitu bahan penunjang utama terbentuknya kulit maupun tulang yang terus bertambah.

Laporan lain menyebutkan, bahan organik jenis tannin yang bersifat astringensia (mengerutkan jaringan) dapat menimbulkan presipitasi (bersifat mengendap jika bertemu antigen) protein, sehingga menyebabkan permeabilitas sel menurun dan luka lekas sembuh.

Penggunaan getah pisang untuk proses penyembuhan luka ternyata lebih efektif (cepat sembuh) dibandingkan dengan diolesi kloramfenikol. Kini masalahnya, tidak setiap rumah mempunyai pohon pisang bukan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar