Kamis, 03 Juni 2010

Gangguan Mulut dan Gigi yang Bisa Diatasi Sendiri

Untuk gangguan mulut dan gigi yang ringan, kita bisa menjadi dokter gigi sendiri.

1. Gigi sensitif

Hindari pasta gigi berpemutih, baking soda, dan pencegah plak karena mengandung bahan yang bersifat abrasif yang bisa membuat gusi resesi (turun).

2. Gigi tanggal

Gigi tanggal pada orang dewasa, sebelum ke dokter gigi, sebaiknya bersihkan gigi dengan air mengalir dan kembalikan pada posisi semula. Gigit kain lembut (kantong teh celup) yang telah dibasahi untuk menahannya di posisi tersebut. Jangan memegang akar gigi, pegang bagia kepalanya.

3. Langit-langit mulut terbakar

Karena terburu-buru menyantap makanan atau minuman panas. Bila ini sering terjadi pada mulut kita berakibat pada lunaknya jaringan di langit-langit mulut sehingga rentan infeksi. Bisa kita atasi dengan saleb corticosteroid.

4. Lidah terbakar

Pemicunya sama dengan nomor 3. Untuk mengatasi, larutkan satu sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat untuk berkumur. Larutan garam akan menetralkan keasaman akibat radang.

5. Sakit rahang

Umumnya akibat gangguan sendi temporomandibular (TMD). Rasanya berupa nyeri mulai dari depan tulang hingga rahang dan gigi. Kita bisa mengatasi dengan menggunakan bantal yang nyaman untuk tidur.

6. Sariawan

Olesan larutan boraxglycerine (gom), atau oleskan minyak sayur dengan cotton bud sebanyak 3-4 kali sehari.

7. Gigi retak dan patah

Ini bisa kita cegah dengan menghindari makanan atau minuan yang tidak terlalu panas atau dingin.

Meski kita tak berharap terjadi gangguan mulut dan gigi, namun tatkala gangguan gigi dan mulut ringan itu terjadi mudah-mudahan 7 hal di atas, sedikit bisa membantu kita. Ya setidaknya berkuranglah jadwal kita ke dokter gigi!

Untuk melihat tulisan ini ada juga di link berikut:

http://id.shvoong.com/medicine-and-health/dentistry-oral-medicine/2008337-gangguan-mulut-dan-gigi-yang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar