Selasa, 17 Agustus 2010

Ngemil Justru Bikin Tubuh Membakar Kalori

Suka ngemil, tapi khawatir dengan pengaruh yang tidak diinginkan? Nih ada catatan yang mudah-mudahan bermanfaat! Selain itu ada pula ringkasan mengenai ngemil-ngemil juga dengan judul "Siapa bilang ngemil membuat gendut?" Judul tersebut ada di link berikut:

http://id.shvoong.com/lifestyle/food-and-drink/2035061-siapa-bilang-ngemil-malam-membuat/


Benarkah dengan bertambahnya usia, metabolisme tubuh semakin menurun? Tentu saja ada penjelasan ilmiah mengapa hal ini terjadi?
Naik atau turunnya metabolisme sebenarnya dipengaruhi kebiasaan kita sehari-hari. Saat berat badan naik kemungkinan kita melakukan banyak hal yang menurunkan metabolisme dan tidak melakukan cukup banyak latihan untuk meningkatkannya. Apa saja yang perlu kita perhatikan berkaitan dengan metabolisme ini?
- Menurunkan metabolisme
. Duduk
Semakin jarang kita bergerak, semakin sedikit kalori yang dibutuhkan tubuh, akibatnya metabolisme akan memperlambat untuk sementara waktu.
. Diet
Mungkin kita mengira tidak makan malam membuat tubuh kita menjadi langsing, padahal akan lebih efektif bila kita mengurangi hanya 250-300 kalori/hari, karena akan mendesak tubuh untuk menyingkirkan lemak tanpa takut kita tak bisa makan lagi.
. Penuaan
Setidaknya setiap tahun kita harus mengurangi 10 kalori dalam sehari untuk memelihara berat badan kita.
- Tidak Berpengaruh
Kafein meningkatkan detak jantung, yang dapat membantu membakar kalori. Namun peningkatannya kecil dan dan cepat berlalu dan tidak banyak mendongkrak metabolisme.
- Meningkatkan metabolisme
. Protein
Dari sekian kalori yang kita konsumsi, kita usahakan 20-25 % nya adalah protein. Protein membantu membangun otot dan semakin banyak otot yang kita miliki, semakin cepat metabolisme kita.
. Ngemil
Makan, membuat metabolisme meningkat, karena harus membakar kalori, sehingga makan ringan 4-5 kali sehari lebih baik daripada makan besar dua kali sehari. Bagaimana jika makanannya itu nasi padang, kemudian mie ayam, pizza, dilanjutkan nasi tongseng kambing, bukannya makan besar? Ternyata makan 4-5 kali itu adalah makan ringan dengan gizi seimbang.
. Latihan kardio
Latihan yang membuat detak jantung meningkat akan mendorong metabolisme saat kita melakukannya. Kita juga membakar kalori setelah beberapa jam berlatih, termasuk ketika sedang beristirahat. Latihan secara rutin dapat memaksa metabolisme mencegah rasa lemas yang terjadi ketika kita berdiet.
. Latihan daya tahan
Latihan daya tahan akan bisa membangun otot. Latihan ini akan membakar kalori sekalipun kita melakukannya sambil duduk.
Wah, kebiasaan ngemil kita berarti gak harus dihilangkan bukan, dengan segala catatan tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar