Rabu, 21 Juli 2010

10 Makanan Pencegah Gigi Berlubang

Untuk yang punya hobi kuliner, perlu kita kenal beberapa jenis makanan berikut!!!

10 makanan yang bisa mencegah gigi berlubang:

1. Sayuran

Mengonsumsi sayuran segar dan renyah, selain berguna untuk kesehatan tubuh, juga membantu bembersihkan gusi. Sayuran kaya vitamin A seperti wortel, brokoli, ubi jalar dan labu penting untuk pembentukan email gigi.

2. Buah segar

Buah segar seperti kiwi, strawberry dan apel, kaya Vitamin C yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh dan menghentikan gangguan gusi.

3. Bawang putih

Mengonsumsi bawang putih mentah merupakan cara sangat bagus dalam membunuh berbagai jenis bakteri dalam mulut.

4. Seledri

Seledri mentah yang kita konsumsi membantu memijat gigi dan gusi, memproduksi air liur yang menetralkan bakteri penyebab lubang gigi.

5. Daging dan telur

Kalkun, ayam, daging sapi dan telur mengandung Fosfor dan Calsium yang sangat penting dalam perkembangan tulang dan gigi.

6. Biji wijen

Biji wijen kaya Calsium, juga membantu membangun emailgigi dan mengangkat plak.

7. Teh hijau

Memiliki kandungan Fluoride dan polifenol yang membantu mengurangi kejadian gigi berlubang dan penyakit gusi.

8. Air

Air akan mengangkat partikel makanan dari sela-sela gigi. Minum air juga membantu produksi air liur. Air liur, mengandung mineral yang penting untuk gigi.

9. Keju

Selain mengandung Calsium, keju juga kaya Pospat yang membantu menyeimbangkan pH dalam mulut, yang bermanfaat mempertahanan dan membangun lapisan email gigi.

10. Susu dan yoghurt

Selain mengandung Calsium, kedua makanan ini mempunyai tingkat keasaman dan kandungan gula rendah. Kita ketahui bersama kandungan gula yang tinggi memicu kerusakan gigi.

Dengan mengetahui kandungan dan manfaat pada 10 bahan di atas, sudah semestinya kita bersahabat dengannya. Kini sudah saatnya kita bukan memasalahkan suka atau tidak suka dengan makanan di atas. Yang terpenting adalah manfaatnya bagi tubuh itu yang paling utama!!!


Lihat juga link relefan berikut: http://id.shvoong.com/lifestyle/fashion-and-beauty/2014647-cara-alami-membuat-gigi-lebih/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar