Rabu, 21 Juli 2010

Makanan Penceria Hati

Kenali makanan yang bisa membuat kita tersenyum kembali !!! Eit, awas jangan sampai senyam-senyum sendiri ya !!!

1. Roti gandum

kandungan karbohidrat kompleksnya dapat meningkatkan serum darah dan zat antidepresi yang memberi efek relaks.

2. Cherry

dikenal sebagai aspirin alam terkait kandungan anthocyanin yang dapat mengontrol suasana hati. Tak heran jika ilmuwan menyarankan untuk mengkonsumsi cherry ketika bad mood.

3. Ikan laut

mampu membuat tubuh segar kembali. Kandungan asam lemak Omega-3 nya yang tinggi dapat meningkatkan zat antidepresi untuk relaks.

4. Susu rendah lemak

mengandung Calsium sangat tinggi, efektif memberikan rasa tenang, saat dilanda kepanikan dan ketegangan.

5. Daging ayam

mengandung Selenium, yakni zat yang dapat membantu mengatur mood seseorang agar dalam kondisi seimbang.

6. Pisang

mengenyangkan perut, memiliki energi alkaloid, vitamin B6 dan zat tryptophan yang membantu tubuh memproduksi serum darah lebih banyak.

7. Bawang putih

dapat mengatasi stres dan menenangkan pikiran dan melegakan pernapasan.

8. Buah labu

kaya vitamin B6 dan zat besi yang dapat mengubah gula darah dextrose untuk merangsang otak dan menimbulkan perasaan gembira.

9. Bayam

bila dikonsumsi 3 mangkuk mampu menyuplai 40% kebutuhan tubuh akan Magnesium, yaitu mineral pengurang stres dan perasaan tertekan.

10. Anggur

mengandung vitamin C tinggi. Bagus sekali untuk menstimulasi produksi adrenalin dan melepas rasa tertekan.

11. Cokelat

merupakan makanan penghilang stres. Daya kerjanya meningkatkan level zat-zat neurotransmitter ke otak yang akan memicu produksi hormon pembuat hati senang dan relaksasi.

Seberapa banyak makanan di atas haru dikonsumsi? Ternyata setiap orang membutuhkan jumlah yang tidak sama, tergantung pada kondisi metabolisme seseorang. Bila berlebihan pun kita bisa berurusan dengan berat badan!!!

Namanya hidup, tentu tak lepas dengan masalah yang tak jarang membuat kita stres. Tak usah menunggu diri kita merasa badmood, kita bisa menjadikan makanan di atas menjadi menu harian kita.

Lihat juga link yang relevan: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/epidemiology-public-health/2018641-larangan-setelah-makan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar